Pelatihan Pengolahan MPASI Kelurahan Prenggan 2023

Yogyakarta-. Pemerintah Kelurahan Prenggan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TP PKK Prenggan mengadakan pelatihan pengolahan makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai upaya mencegah stunting pada anak. Pelatihan ini diadakan di Aula Pertemuan Kelurahan Prenggan Kamis, 23 Februari 2023.

Stunting merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan pada anak di Indonesia. Stunting terjadi ketika anak memiliki pertumbuhan fisik yang terhambat sehingga mengakibatkan tinggi badan dan berat badan yang tidak susuai dengan usianya. Salah satu faktor penyebab stunting adalah asupan gizi yang kurang baik pada saat masih dalam usia 0 – 2 tahun.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta ini berlangsung selama sehari. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan bahan makanan yang sehat, cara memilih dan menyimpan bahan makanan, serta teknik pengolahan makanan yang sehat dan bergizi. Peserta juga diberi panduan untuk membuat menu makanan sehat untuk anak.

Pelatihan ini menadapat dukungan dari Dinas Kesehatan dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain untuk melakukan upaya pencegahan stunting pada anak.